Abdya Agro Bisnis|Budidaya Jamur Tiram Aceh Barat Daya


Peluang Bisnis Budidaya Jamur Tiram Di ABDYA
Juni 5, 2011, 10:32 am
Filed under: Uncategorized | Tag: , , , ,

Alhamdullilah….setelah menunggu selama 40 hari…akhirnya yang saya nanti-nantikan akhirnya muncul juga..yaitu Si Tiram yang lezat dan bergizi tinggi,he..he..he…he, alias jamur tiram, selama penantian deg-deg-an banget jantung saya karena saya  terlalu optimis dengan peluang bisnis yang satu ini ,yaitu budidaya jamur tiram saya merasa tertantang untuk membudidayakan jamur tiram ini diwilayah Aceh Barat Daya (ABDYA) yang suhunya terkenal sangat ektrim karena letaknya yang berada di pesisir pantai barat Aceh, terus terang saya takut kalau jamur saya tidak tumbuh karena ABDYA lagi panas banget sekitar 34-35 derajat celcius, tapi dengan langkah optimisme dan doa kepada allah..saya coba berusaha agar jamur saya dapat tumbuh dengan baik, akhirnya atas kehendak allah swt akhirnya jamur saya tumbuh juga, eh…hampir lupa tuch akibat terlalu gembira terima kasih kepada mentor saya JAMOER KITA yang di STABAT Kabupaten Langkat Pak Robin Chandra dia yang selalu membimbing saya untuk apa yang harus saya lakukan dalam budidaya jamur ini.Berikut akan sedikit saya gambarkan apa yang saya lakukan dalam membudidayakan jamur tiram di Abdya:

Awalnya saya membuat kumbung 3,5 x 5 meter yang berdinding anyaman btg rumbia dan beratap daun rumbia serta mempersiapkan bibit F2.

Selanjutnya mengumpulkan serbuk kayu gergajian yang saya ambil di sawmill secara GRATIS, dan melakukan pengomposan dengan sedikit mencampurkan dedak,kapur,gips dan air . Ini hasilnya pengomposan saya:

Setelah serbuk saya komposkan selama 2×24 jam saya melakukan pengisian serbuk ke dalam media plastik  dengan sedikit di press agar serbuk padat dan tidak kendur media ini biasa di sebut BAGLOG

Setelah proses Baglog selesai ,selanjutnya melakukan proses sterilisasi dengan mengukus baglog selama 7 jam , disini saya mengunakan drum bekas oli untuk tempat mengukusnya dan alat pembakarnya saya mengunakan kompor gas.

Setelah di sterilsasi selama 7 jam lalu baglog di dinginkan ,setelah dingin saya pun melakukan inokulasi (memasukan bibit jamur ke baglog) proses ini harus anda lakukan dengan hati2 kalau tidak hati-hati maka baglog Anda terkontaminasi yang menyebabkan kegagalan disini saya mengunakan selang spiral sebagai cincin dan menutupnya dengan koran , ini hasilnya inkubasi hari pertama jamur saya:

Setelah satu hari proses inokulasi saya memasukan baglog saya kekumbung dan menyusunnya diatas rak lebar 80 cm tinggi 45 cm  panjang 3.5 meter  yang terbuat dari bambu, dengan demikian kumbung saya dapat memuat 1300 baglog.

Singkatarnya setelah 12 hari proses inkubasi miselium jamur yang berwarna putih sudah memenuhi 1/2 dari baglog ,aduh seneng banget melihatnya….

Setelah menunggu selama 25hari maka miselium sudah memenuhi seluruh baglog  jamur saya , dan itu tandanya tutup baglog yang di tutup dengan koran siap untuk di buka agar jamur dapat segera tumbuh.

Setelah 15 hari dari pembukaan penutup baglog maka akan segera tumbuh bakal jamur  yang biasa disebut PIN HEAD….

Pin Head akan berkembang menjadi jamur sekitar 2 sampai 3 hari, lalu akan segera bisa di panen dan akhirnya….horeeeeeeee…! jamurku akhirnya muncul juga  seneng banget rasanya!

Demikianlah sedikit gambaran dari saya yang saya buat berdasarkan realita yang saya jalankan untuk mengembangkan budidaya jamur tiram di Aceh Barat Daya (ABDYA) jadi bagi rekan-rekan yang berminat membudidayakan jamur tiram di wilayah Aceh kami menyediakan jamur tiram segar, bibit F2, baglog silahkan rekan2 menghubungi alamat di bawah ini:

ABDYA MUSHROOMS
Jln Pasar Lama
Blkg Kantor Camat Blangpidie
Kota Blangpidie ABDYA
HP 081360313083

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

