Abdya Agro Bisnis|Budidaya Jamur Tiram Aceh Barat Daya


Petani Jamur Tiram Putih di Stabat Butuh Modal
Mei 20, 2011, 8:58 pm
Filed under: Uncategorized
MedanBisnis –Langkat. Petani yang mengelola jamur tiram putih florida di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, membutuhkan bantuan modal kerja untuk pengembangan usaha. “Kami membutuh bantuan modal baik yang bersumber dari dana pemerintah maupun dari pihak bank,” kata Robin Chandra, petani jamur tiram yang ditemui di Stabat, Rabu (18/5).
Dia mengharapkan bantuan modal tersebut diberikan untuk mendukung usaha pengembangan maupun pemasaran produksi jamur tiram putih florida, yang sudah sangat diminati oleh masyarakat. Karena untuk poduksi jamur tiram, sebutnya, pihaknya harus membuat baglok (tempat pengembanga jamur) baru, dari baglok yang ada saat ini.

Menurut Robin Chandra, bagloknya saat ini baru ada 3.000, sedangkan yang akan dikembangkan untuk ditingkatkan membutuhkan 20.000 baglok baru, katanya. Ditanya ke mana saja pemasaran dari produksi jamur tiramnya itu, ia mengungkapkan sampai ke Medan, Binjai, Aceh, dan untuk kebutuhan Langkat sendiri.

Lebih lanjut dijelaskan,  jamur tiram putih ini, merupakan makanan sehat, non kolesterol, serta tumbuh dan berkembang tanpa pupuk, dan tanpa kimia.  Untuk pengembangan usahanya itu, Robin sudah mengeluarkan biaya mencapai Rp 20 juta dan sekarang butuh modal yang lebih besar lagi, agar baglok baru dapat diisi, karena permintaan yang terus meningkat, katanya.

Ketika ditanya soal harga jual jamur tiram tersbeut, ia menjelaskan, harga jual mencapai Rp 25.000 per kilogram, sedangkan kalau jual curah harganya Rp 22.500 per kg. Dia engungkapkan, harga jual bagloknya, bila para peminat datang membeli, seharga Rp 3.500 per baglok. “Dan ini bisa untuk empat kali produksi (panen), atau lebih, katanya.

Sementara itu Halim, seorang konsumen jamur tiram putih florida yang ditemui terpisah di Alun-alun Amir Hamzah Stabat mengatakan,  jamur ini sangat diminati masyarakat. Setiap hari Halim menjual empat hingga lima kilogram jamur tiram putih, yang sudah digoreng, menjadi sop, bakso, sate jamur, capcay maupun crispy. (ant)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: